always trying,praying and creative
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Remaja yang Melindungi Kulit dari Sinar UV Berbahaya

 Menjaga kesehatan kulit untuk mencegah penuaan dini bisa dimulai sejak usia remaja dengan menggunakan sunscreen. Meski sering diremehkan, pelindung matahari memiliki peran penting bagi remaja, terutama jika mereka sering beraktivitas di luar ruangan. Kali ini kami menjelaskan cara memilih sunscreen terbaik untuk remaja.

Memilih sunscreen untuk remaja tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhannya, seperti kulit kering, sensitif, dan berminyak. Kami juga memberikan saran mengenai sunscreen untuk remaja dari berbagai merek seperti Avoskin, Emina dan Azarine.

Cara Memilih Sunscreen untuk Remaja

Memilih sunscreen yang tepat untuk remaja memang gampang-gampang susah. Jika Anda salah memilih tabir surya, itu tidak akan bekerja secara optimal dan bahkan dapat membahayakan kulit Anda. Sebelum membeli sunscreen untuk remaja, Anda bisa simak tips berikut ini.

Kenali jenis sunscreen yang cocok untuk kulit remaja

Pada dasarnya ada dua jenis sunscreen yaitu physical dan chemical sunscreen. Meski memiliki fungsi yang sama yaitu melindungi kulit dari sinar matahari, namun fungsi dan kandungannya berbeda. Datang dan cari tahu lebih lanjut!

  • Physical sunscreen: Lebih aman untuk kulit remaja
  • Chemical sunscreen: Tidak dianjurkan untuk remaja dengan kulit sensitif

Sesuaikan kandungan sunscreen dengan masalah kulit remaja

Setiap kulit remaja membutuhkan kandungan sunscreen yang berbeda. Agar sunscreen Anda bekerja maksimal, pastikan kandungannya sesuai dengan masalah kulit anak Anda.

  • Sunscreen berbasis air dan bebas minyak: Untuk remaja dengan kulit berminyak
  • Sunscreen mineral berbahan aktif melembapkan: Untuk remaja dengan kulit kering dan sensitif
  • Sunscreen berformula ringan dan berlabel noncomedogenic: Untuk remaja dengan kulit kombinasi dan berjerawat

Pilihlah sunscreen spektrum luas untuk remaja yang aktif di luar ruangan

Remaja yang sering beraktivitas di luar ruangan lebih rentan mengalami kerusakan kulit. Ini karena paparan sinar UVA dan UVB. Sinar UVA dapat menyebabkan penuaan dini, sedangkan sinar UVB merupakan penyebab utama sunburn dan kanker kulit. Ini membutuhkan perlindungan tambahan. Dalam hal ini, pilih tabir surya berlabel board spectrum atau spektrum luas.

Hindari sunscreen dengan kandungan oxybenzone

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, oxybenzone adalah bahan kimia yang harus diwaspadai. Bahan kimia ini banyak terdapat pada chemical sunscreens sebagai bahan aktif yang menyerap sinar UVB ke dalam kulit. Oxybenzone bereaksi secara kimia saat terkena sinar matahari dan dapat menyebabkan alergi.


Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Remaja

Selanjutnya, kami merekomendasikan produk sunscreen terbaik untuk remaja, yang kami tentukan berdasarkan pilihan di atas. Produk-produk ini dipilih dengan cermat, dengan mempertimbangkan kualitas produk, ulasan pelanggan, dan tingkat kepercayaan penjual.

1. Avoskin The Great Shield Sunscreen

Mulai dari Rp59.000,00

Sunscreen ini tidak hanya melindungi kulit tetapi juga menjaga kekenyalan kulit karena mengandung sodium hyaluronate (HA). Zat ini dapat melembabkan dan menjaga kadar air kulit. Selain itu, Avoskin dilengkapi dengan ekstrak bunga allantoin dan chamomile yang diklaim dapat menenangkan kulit.

Di sisi lain, ekstrak bunga chamomile juga dapat mencegah penuaan dini. Hasilnya, kulit Anda akan lebih sehat dan kenyal. Produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin menjaga kesehatan dan kecantikan kulit sejak muda, sehingga awet muda.

Kelebihan:
  • Dapat menahan minyak di wajah tanpa membuat kulit terasa kering
  • Lebih mudah di-blend jika menggunakan moisturizer terlebih dahulu

Kekurangan:
  • Teksturnya agak berat dan menimbulkan white cast

2. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel

Mulai dari Rp35.500,00

Remaja dengan kulit berminyak biasanya tidak menggunakan sunscreen karena takut berjerawat dan komedo. Anda bisa memilih sun gel dengan formula non-comedogenic karena memiliki tekstur yang ringan dan cepat menyerap. Sunsceen ini mengandung aloe vera, vitamin E sebagai penangkal radikal bebas dan provitamin yang merawat kulit.

Bahkan pemilik dengan kulit sensitif tidak perlu ragu menggunakan sunscreen ini karena tidak mengandung alkohol. Sunscreen ini juga memiliki perlindungan spektrum luas yang memberikan perlindungan optimal 30 kali terhadap sinar UVA dan UVB.

Kelebihan:
  • Teksturnya gel yang lembut di kulit
  • Cocok untuk semua jenis kulit

Kekurangan:
  • Butuh waktu beberapa saat untuk meresap ke kulit
  • Pada beberapa konsumen menimbulkan perih bila terkena area sekitar mata

3. Emina Sun Battle

Mulai dari Rp18.500,00

Tidak diragukan lagi produk Emina cocok untuk kulit remaja, dan produk ini adalah salah satu contohnya. Tabir surya yang ringan dan cepat menyerap ini mengandung ekstrak lidah buaya dan protein gandum terhidrolisis. Kedua bahan ini menenangkan dan melembabkan kulit.

Meski tergolong tabir surya kimiawi, remaja dengan kulit sensitif tidak perlu khawatir akan alergi atau iritasi saat menggunakan tabir surya ini. Emina Sun Battle dikatakan hipoalergenik dan teruji secara dermatologis, sehingga aman untuk semua jenis kulit. Plus, tabir surya ini murah, jadi aman untuk kantong remaja.

Kelebihan:
  • Tidak menimbulkan komedo di kulit

Kekurangan:
  • Harus re-apply setiap 2 jam sekali

4. Garnier Bright Complete Super UV Matte

Mulai dari Rp69.700,00

Berkat kandungan SPF 50+ dan vitamin C, tabir surya ini dapat memberikan perlindungan ganda pada kulit terhadap bahaya sinar UV. Seperti namanya, sunscreen ini juga mencegah munculnya flek hitam di wajah akibat sinar matahari.

Hijab yang ingin mencegah warna kulit tidak merata mungkin bisa mempertimbangkan produk ini. Selain itu, formula mattenya juga cocok untuk kulit berminyak. Kulit wajah kurang bersinar, meski Anda banyak beraktivitas.

Kelebihan:
  • Tekstur cair sehingga mudah di-blend dan menyerap ke kulit
  • Dapat mencerahkan dan membuat kulit lebih plumpy

Kekurangan:
  • Wangi citrus-nya cukup kuat dan menyengat
  • Pengalaman customer dapat meninggalkan white cast


5. Somethinc Holyshield! UV Watery Sunscreen Gel

Mulai dari Rp23.000,00

Tabir surya ini mungkin terasa seperti salju dingin yang langsung meresap ke dalam kulit karena mengandung molekul kepingan salju. Berkat bahan ini, tabir surya tidak lengket dan bebas dari bintik putih. Bahkan jika Anda memakainya setiap hari, itu nyaman dan menyegarkan.

Menariknya lagi, kandungan organic sunflower sprouts dan Tara spinosa dapat melindungi kulit dari blue light, infrared dan polusi. Tabir surya ini juga menggunakan teknologi encapsulated UV filter, sehingga memberikan perlindungan maksimal baik dari sinar UVA maupun UVB. Pilihan tepat bagi remaja yang memiliki aktivitas outdoor yang tak terhitung jumlahnya.

Kelebihan:
  • Memberi hasil akhir dewy
  • Tidak luntur ketika terkena keringat

Kekurangan:
  • Wangi chemical cukup menyengat


6. Rohto Skin Aqua UV Moisture Milk

Mulai dari Rp58.000,00

Ada banyak versi sunscreen Skin Aqua, namun kami sangat merekomendasikan UV Moisturizing Lotion karena SPF-nya yang tinggi dibandingkan versi lainnya. Tabir surya ini juga cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering. Kandungan asam hialuronat dan kolagen yang ditingkatkan melembabkan dan menjaga elastisitas kulit.

Sunscreen ini juga cepat diserap oleh kulit. Untuk remaja dengan kulit super kering yang cenderung sensitif, kami merekomendasikan penggunaan tabir surya ini. Tabir surya ini tidak mengandung alkohol atau parfum.

Kelebihan:
  • Memberi glow finish yang lembut di kulit
  • Membuat kulit terasa lembap

Kekurangan:
  • Menurut pengalaman customer, teksturnya cair dan agak meninggalkan efek lengket
  • Kurang cocok untuk kulit berminyak karena terasa greasy di kulit


Kesimpulan

Manakah dari sepuluh tips tabir surya untuk remaja yang akan Anda pilih? Memilih tabir surya yang tepat untuk kulit remaja tidaklah mudah. Apalagi akibat perubahan hormonal yang terjadi pada masa remaja, sering terjadi masalah kulit.

Sunscreen remaja yang tidak tepat akan memberikan efek negatif pada kulit remaja. Jadi pilihlah tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit anak Anda. Jangan lupa untuk menggunakan artikel ini sebagai panduan untuk pilihan Anda.

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Remaja yang Melindungi Kulit dari Sinar UV Berbahaya"